5 Teknologi Bidang Kesehatan Yang Merubah Masa Depan

0 336

Teknologi Bidang Kesehatan dapat Merubah Masa Depan banyak orang diseluruh dunia, apalagi kini banyak rumah sakit yang berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan terbaik dan terdepan pada para pasiennya. Karena rumah sakit sekarang ini bukan hanya melayani juga sebuah bisnis yang menjanjikan.

Bidang kesehatan merupakan salah satu yang paling penting juga vital dalam kehidupan manusia. Selama bertahun-tahun kesehatan manusia terus berkembang seiring dengan bermunculan banyak penyakit. Hal ini justru memacu banyak penemuan serta teknologi yang membantu para tenaga medis.

Dijaman yang serba modern dan canggih sekarang ini semua berkaitan dengan teknologi digital. Dimana kecepatan, keakuratan dan kemudahan menjadi hal penting dalam penggunaan banyak teknologi. Bukan hanya membantu, teknologi atau penemuan yang ada juga menjadi penolong banyak pihak.

Teknologi bidang kesehatan yang ada sekarang telah banyak digunakan pada rumah sakit besar terutama dinegar-negara maju seperti Amerika atau pun Eropa. Namun tak sedikit negara Asia seperti Singapura serta Indonesia yang menggunakannya juga. Berikut ini 5 teknologi atau penemuan yang merubah masa depan kesehatan, diantaranya :

1. AI atau Artificial Intelligence

Teknologi AI atau Artificial Intelligence

Merupakan salah satu teknologi yang kini banyak digunakan untuk menangani seorang pasien dengan lebih cepat. Teknologi atau penemuan yang satu ini memberikan peran penting dalam hal kecepatan pelayanan. Ada yang berupa perangkat atau juga robot.

Jika dahulu Anda melihat teknologi yang satu ini dalam film barat saja, kini dapat merasakannya secara langsung. Telah banyak rumah sakit yang menggunakan teknologi ini dan terbukti dapat memberikan pelayanan lebih maksimal. Lebih cepat serta akurat menjadi kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Yang Rusak

2. Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality

Teknologi bidang kesehatan telah banyak digunakan oleh tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan. Kebanyakaan dilakukan pada tahap sebelum operasi, agar tenaga medis atau dokter mengetahui gambaran lengkap pasien. MRI serta CT Scan adalah salah satu yang menggunakan teknologi ini.

Teknologi canggih ini mampu memberikan informasi lengkap dan akurat mengenai penyakit yang diderita oeh pasien. Dengan demikian dokter dapat memberikan perawatan atau pengobatan yang tepat karena tersedianya informasi. Gambaran internal mengenai antomi pasien sangat membantu dokter bedah.

3. VR atau Virtual Reality

Teknologi VR atau Virtual Reality

Teknologi yang satu ini sedikit berbeda dengan AR atau Augmented Reality, dimana mampu memperlihatkan secara maya. Teknologi ini banyak digunakan pada sebuah permainan atau game serta hiburan. Begitu pula pada bidang kesehatan, dimana gambaran riil suatu lingkungan sangat membantu para dokter.

Digunakan untuk simulasi operasi juga mengetahui letak pasti pembedahan oleh banyak dokter bedah. Kini banyak rumah sakit atau pun layanan kesehatan yang menggunakan teknologi ini.

4. Teknologi Pengurutan Genome

Teknologi Pengurutan Genome

Teknologi bidang kesehatan lainnya adalah pengurutan genome, agar dapat mengetahui informasi dasar tubuh manusia. Dengan teknologi ini banyak dokter yang sangat dibantu karena dapat mengetahui kondisi pasien. Kepekaa terhadap obat, riwayat medis keluarga juga menentukan pengobatan yang tepat.

Dibanyak negara maju seperti Amerika telah lama mengembangkan teknologi ini hingga mengeluarkan dana yang tak sedikit. Karena dipercaya dan yakin akan kemampuannya untuk pengobatan banyak penyakit.

5. Nano Technology

Nano Technology

Datau teknologi nano yang mampu menciptakan sebuah zat dalam ukuran yang sangat kecil hingga nanometer. Aplikasi partikel nano kini masih dikembangnya untuk lebih menyempurnaan teknologi yang ada.Bahkan ada sebuah institute yang menciptakan robot nano agar dapat mesuk ke bagian cairan tubuh. Teknologi ini banyak digunakan untuk pengobatan pada sel tubuh.

Baca Juga  Tips Memilih Wireless Charger Yang Sesuai Dengan Smartphonemu

Itulah 5 teknologi bidang kesehatan yang akan merubah banyak hidup serta masa depan manusia. Beberapa diantarany telah digunakan pada rumah sakit atau layanan kesehatan dinegara maju. Semua itu dilakukan untuk memberikan pelayanan serta pengobatan yang maksimal pada pasien.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.