Keunggulan Telemedicin untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

0 81

Teknologi Internet merambah ke segala bidang kehidupan, termasuk juga bidang kesehatan. Terutama pada saat pandemi seperti ini, dimana semua pergerakan dibatasi
Saat kontak langsung di batasi tidak ada pilihan lain, selain menggunakan teknologi internet untuk dapat berkomunikasi. Terutama untuk pasien dengan penyakit kronis yang rawan jika harus bertemu banyak orang.

Teknologi telemedicine digunakan sebagai alternatif. Walaupun tanpa tatap muka dokter yang merawat bisa tetap memantau keadaan pasien. Pasien pun dapat berkonsultasi langsung masalah penyakitnya kepada dokter.

Ada beberapa Keunggulan Telemedicin yang dapat dirasakan baik bagi dokter maupun Pasien, di antaranya adalah sebagai berikut :

Meningkatkan pelayanan di fasilitas kesehatan

teknologi Telemedic

Keterbatasan tenaga kesehatan masih terjadi di beberapa daerah. Jumlah tenaga kesehatan yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk menyebabkan pelayanan kesehatan tidak dirasakan secara merata di beberapa tempat.

Apalagi pelayanan kesehatan yang diberikan dokter spesialis. Bagi penduduk di beberapa tempat menjadi sesuatu yang mahal. Adanya telemedicine membuat pelayanan kesehatan lebih merata ke pelosok daerah. Walaupun tidak bertemu langsung tetap bisa konsultasi dengan dokter ahli.

Mempercepat rujukan

Dengan bantuan telemedicine waktu yang digunakan akan semakin efisien, salah satunya waktu merujuk pasien ke rumah sakit rujukan dari pelayanan kesehatan tingkat pertama ke tingkat yang lebih tinggi.

Pasien tidak perlu lagi pergi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk mendapatkan rujukan. Hanya dengan menggunakan perangkat internet rujukan sudah bisa didapatkan. Ini akan membuat Pasien lebih cepat ditangani dan penyakit cepat sembuh.

Pemerataan informasi bidang kesehatan

Keunggulan Telemedicin lainnya adalah mempermudah penyampaian informasi kesehatan ke banyak tempat. Teknologi internet yang mampu menjangkau hingga pelosok daerah membuat informasi cepat diterima.

Baca Juga  Beberapa Pemanfaatan Teknologi Otomatisasi Industri

Tidak perlu pergi jauh berpuluh kilo meter untuk bisa menyampaikan sebuah berita. Cukup dengan hadir pada sebuah ruang virtual maka penyampaian informasi dapat dilakukan bagi seluruh pihak terkait.

Mengurangi kerumunan

Dengan Telemedicin tidak semua Pasien harus datang ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan. Hanya pasien dengan kondisi darurat yang datang langsung ke fasilitas kesehatan.

Jika untuk konsultasi dan mendapatkan penjelasan lainnya, dapat menggunakan teknologi internet. Ini akan mengurangi kerumunan dan mencegah timbulnya antrean panjang di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Memudahkan pemantauan

Salah satu Keunggulan Telemedicin adalah memudahkan pemantauan, terutama pada pasien dengan penyakit kronis. Pasien dapat berkomunikasi dengan tenaga kesehatan kapan pun tidak perlu menunggu jadwal kontrol.

Sehingga jika muncul keluhan di luar waktu kontrol, akan lebih cepat ditangani. Ini dapat mencegah timbulnya komplikasi yang lebih berat lagi bagi pasien dan keluarga. Masalah yang muncul dapat segera diatasi.

Keunggulan teknologi Telemedic

Menghindari stres

Stres dapat dialami oleh tenaga kesehatan dan pasien. Stres pada tenaga kesehatan akibat jadwal yang menumpuk dan waktu yang sempit untuk bisa menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan pada mereka.

Pasien juga akan merasa tidak nyaman jika harus berjalan jauh dengan medan yang tidak mudah agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan internet maka masalah bisa lekas ditangani dan stres tidak muncul.

Saat ini semua bisa dilakukan hanya dengan ujung jari. Setiap orang harus mampu mengikuti perubahan teknologi yang cepat. Salah satunya teknologi telemedicine yang digunakan di bidang kesehatan seperti saat ini.

Beberapa Keunggulan Telemedicin di atas membuat teknologi ini menjadi salah satu pemanfaatan teknologi yang dianjurkan. Sehingga kesehatan dapat selalu terjaga walaupun tanpa tatap muka, komunikasi dapat dilakukan.

Baca Juga  Inilah Jenis Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Manfaatnya
Leave A Reply

Your email address will not be published.