Mengenal Teknologi Industri Perfilman Yang Berpengaruh

0 462

Industri film memang tidak pernah ada habisnya sejak kemunculan film bisu beberapa tahun silam belakangan ini. Di mana jika kita kembali flaschback ke beberapa masa yang lalu, film seperti menjadi sesuatu yang baru dan sangat mengangumkan. Berbeda dengan sekarang yang mana film menjadi hal biasa dan normal saja untuk ditonton masyarakat luas.

Padahal, pada awal munculnya film, tidak semua orang bisa secara bebas menonton dan melihat tayangan seperti saat ini. Pembuatan film sendiri masih dikerjakan secara manual dengan teknologi yang bisa dikatakan sangat terbatas.

Maka dari itulah, biaya produksi film pada masa lampau menjadi sangat mahal dan juga membutuhkan waktu yang panjang. Hanya saja, karena semakin banyaknya peminat dan penikmat film, maka berbagai teknologi mulai dikembangkan.

Dengan kemajuan zaman dan kemauan yang kuat, teknologi industri perfilman menjadi semakin berkembang dan menjadi sangat pesat. Bahkan, tanpa perlu mengunjungi tempat tertentu, film bisa dibuat dengan suasana atau waktu tertentu sesuai keinginan. Bahkan, penambahan karakter dalam film juga sudah dapat dilakukan tanpa perlu memasukkan tokoh aslinya.

Hanya saja, sebelum adanya berbagai teknologi mutakhir saat ini, tentu kita tidak boleh melupakan perkembangannya pada masa-masa terdahulu. Kali ini, kita akan membahas dan mengenal lebih jauh teknologi industri pada bidang perfilman yang sangat berpengaruh pada masa ini. Jadi, untuk kamu yang tertarik akan dunia film dan hal yang berkaitan, maka tidak boleh melewatkannya!

Sejarah Dunia Perfilman

Sejarah Dunia Perfilman

Sebelum membahas pada teknologinya, kita akan terlebih dahulu membahas sejarah dari film itu sendiri yang tidak boleh diabaikan. Film sendiri adalah karya seni yang diciptakan untuk berkomunikasi dengan gambar serta suara. Film sendiri merupakan produk teknologi yang dihasilkan dan dikembangkan sejak 1800-an. Dengan kecanggihan teknologi industri perfilman yang ada saat ini, tentu film menjadi semakin diminati dengan berbagai cerita dan ide-ide baru.

Pada awal pembuatan, film direkam atau diambil menggunakan pita seluloid, pita video, piringan video, maupun dengan bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk. Baik itu jenis dan juga ukuran dengan adanya proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya. Proses dilakukan dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan atau ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik, elektronik, atau juga cara lainnya.

Baca Juga  Beberapa Pilihan Teknologi Canggih Di Masa Depan!

Sejarah dunia perfilman dimulai sejak ditemukanya gambar bergerak yang didemonstrasikan oleh Eadweard Muybridge dari Stanford University pada 1878. Setelahnya barulah dikenal dengan nama Roundhay Garden Scene yang di’sutradarai’ oleh Louis Le Prince asal Prancis dengan menampilkan keluarganya. Dari sanalah pertama kali teknologi industri perfilman yang awalnya tanpa suara dan hitam putih pun berkembang.

5 Teknologi Dunia Perfilman yang Paling Berpengaruh

Kamera Film

1. Kamera Film

Setelah membahas sedikit sejarahnya, kali ini kita membahas teknologi yang berkembang di baliknya hingga hari ini. Pertama, perkembangan teknologi pada dunia industri film yang tidak bisa dilupakan adalah kamera film. Pada tahun 1800 atau 1895, gambar direkam dengan sangat nyata menggunakan kamera film dengan berbagai gulungan besarnya. Cara penggunaannya juga cukup sulit karena berbagai tombol atau tools yang ada di sana.

Jika dilihat pada masa kini, film atau rekaman bisa dibuat sedemikian rupa dengan berbagai alat. Bahkan, Anda juga sudah bisa membuat film dengan smartphone atau ponsel pintar yang biasa digunakan sehari-hari. Tetapi, tentu tanpa adanya teknologi industri perfilman kamera film berpita ini, maka kita semua tidak bisa menikmati kemudahan yang ada saat ini.

2. Sinkronisasi Suara

Sinkronisasi Suara perfilman

Teknologi lainnya yang sangat berpengaruh pada dunia perfilman adalah sinkronisasi suara. Di mana seperti yang kita tahu, film pada awal peluncurannya tidak menggunakan suara, atau yang biasa kita sebut dengan film bisu. Maka dari itulah, dengan adanya teknologi sinkronisasi suara ini, para pembuat film dapat menambahkan percakapan maupun musik latar dalam produksi film. Sehingga film tidak lagi terasa membosankan untuk ditonton oleh banyak orang.

Dengan adanya sinkronisasi film, maka cerita bisa dibuat sehidup mungkin dengan berbagai improvisasi yang ada. Tidak hanya itu saja, dengan teknologi industri perfilman satu ini maka sutradara atau produksi film tidak lagi memerlukan live music, karena dapat direkam dan disimpan untuk ditambahkan dalam tayangan. Efek-efek suara pun dapat dibuat tanpa harus melakukannya secara langsung, dan tentu sangat mempermudah produksi sebuah film.

3. Warna

Sinkronisasi Warna perfilman

Perkembangan teknologi pada dunia perfilman yang juga sangat berpengaruh adalah masuknya warna. Di mana untuk membuat film berwarna memakan sangat banyak biaya, dan baru terkenal untuk pasaran film Amerika serta Prancis. Peralatan untuk membuat sebuah film memiliki warna pun cukup sulit ditemukan dengan biaya mahal. Cara kerjanya pun tidak semudah seperti sekarang ini, yang mana semua orang bisa melihat film dengan warna yang nyata.

Baca Juga  Sistem Rekayasa Perangkat Lunak Yang Banyak Diburu Karena Kecanggihannya

Bahkan, film berwarna pertama kali pun tidak sebagus sekarang dengan tone yang banyak dan tajam. Di mana pada zaman itu film berwarna masih terlihat sangat sederhana dan tidak terlalu tajam. Akan tetapi, dari sanalah maka perkembangan teknologi industri perfilman semakin maju dengan banyaknya orang yang berlomba-lomba untuk menyempurnakannya.

4. Layar Hijau

layar hijau dalam perfilman

CGI adalah singkatan dari Computer Graphic Images, atau yang juga biasa lebih akrab dikenal dengan layar hijau, merupakan teknologi dalam industri film yang juga sangat berpengaruh besar. Pemanfaatan layar hijau berikut teknik komputer yang baik dapat membuat aktor berada di mana saja. Bahkan, di suatu tempat yang tak pernah terbayangkan sebelumnya pun tidak jadi masalah dengan efek CGI ini.

Tidak hanya itu saja, dalam industri film, CGI berperan besar pada beberapa genre seperti sebut saja fantasi. Di mana produksi film tidak memerlukan tempat sungguhan hanya untuk mengambil gambar sesuai yang diinginkan. Cukup dengan layar hijau dan juga editing yang tepat, maka film dapat tercipta dengan indah sesuai harapan. Namun, ternyata teknologi industri film dengan layar hijau atau CGI sendiri sudah ada sejak tahun 1940!

5. Perangkat Pendukung

perangkat pendukung perfilman

Selain teknologi di atas yang juga membawa banyak pengaruh, perangkat pendukung pun berperan penting pada dunia perfilman. Di mana perangkat ini termasuk internet, aksesoris, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan dunia film. Bahkan, penemuan rig membuat pengambilan gambar menjadi semakin mulus. Tidak hanya itu saja, perangkat kamera digital pun sama pentingnya untuk menyempurnakan sebuah film.

Di mana dengan adanya berbagai perangkat pendukung ini, durasi pembuatan film dapat dipangkas seminimal mungkin dengan hasil maksimal. Bahkan, biaya produksi dapat dipangkas karena perawatan teknologi industri perfilman sekarang ini tidak sebesar dahulu. Dengan demikian juga, maka kita bisa menikmati lebih banyak film menarik bahkan setiap harinya.

Jadi, itulah sudah kita bahas dan mengenal lebih banyak dari teknologi industri film yang berpengaruh dan perkembangannya. Maka bisa dikatakan kita sangat beruntung karena kemajuan zaman ini berdampak positif pada berbagai bidang, termasuk dunia film.

Leave A Reply

Your email address will not be published.