in

Mengenal Sejarah Teknologi Bidang Informasi di Indonesia

Mendapatkan berbagai informasi di masa sekarang ini menjadi sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Di mana semua orang bisa kapan saja mendapatkan berbagai hal yang diinginkan lewat internet atau media pendukung lainnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa pertukaran informasi setiap harinya selalu berkembang pesat.

Di mana pastinya semua orang membutuhkan informasi terbaru untuk berbagai keperluan mereka. Tidak terkecuali para pembaca yang mungkin merasa penasaran dari manakah teknologi informasi itu berkembang. Sebenarnya, kapan atau siapa yang memunculkan teknologi sendiri tidak diketahui secara pasti. Apalagi pada zaman dahulu sangat sulit untuk membuat sebuah data rinci maupun informasi akan sesuatu secara jelas.

Namun, di Indonesia sendiri tentu teknologi bidang informasi tidak dapat dilewatkan begitu saja. selain itu juga, perkembangannya sangat menarik untuk diketahui dengan sejarah panjang yang mungkin banyak dari Anda belum mengetahuinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai kisah dan perjalanan menarik dari teknologi informasi yang ada di Indonesia.

Apalagi, sebagai masyarakat modern tentunya kita tidak mau ketinggalan informasi atau berita sedikit pun. Maka dari itulah, ada baiknya terlebih dahulu mengenal bagaimana perkembangan teknologi informasi sendiri di Indonesia. Dengan demikian, maka rasa penasaran Anda pun bisa sedikit berkurang tentunya.

Sejarah Teknologi Bidang Informasi di Indonesia

teknologi bidang informasi radio

Kemunculan Radio Pertama

Apakah masih banyak dari Anda yang menikmati berita dari radio? Mungkin sudah banyak masyarakat baik di Indonesia hingga dunia yang tidak lagi menggunakan alat informasi satu ini. padahal, pada masa lampau radio menjadi primadona yang diperebutkan oleh banyak orang untuk mendapatkan informasi maupun berita terbaru. Teknologi bidang informasi di Indonesia sendiri bermula dari kemunculan radio saat masih menjadi Hindia Belanda atau Nederland Hindie.

Nama radio Indonesia pertama kali adalah Bataviase Radio Vereniging yang berada di kota Batavia tentu, sesuai dengan namanya. Stasiun radio pertama sendiri berada di Amerika pada tahun 1920 dan disusul pada tahun 1922 di Inggris serta Uni Soviet yang juga memilikinya. Di Indonesia sendiri stasiun radio pertama diresmikan pada 16 Juni 1925. Pada masa itu, radio menjadi salah satu alat bertukar informasi tercepat.

Munculnya Stasiun Radio Baru

Perkembangan teknologi bidang informasi masih terus berkembang sejak peresmiannya pada tahun 1925, Bataviase Radio Vereniging masih termasuk dalam perusahaan swasta. Di mana dengan kemunculan stasiun radio tersebut, maka munculah berbagai stasiun radio lainnya seperti Nederlandsch Indische Radio Omroep Massthapyj dan lainnya. Karena radio semakin berkembang, maka jelas saja banyak orang yang juga tertarik untuk membuat stasiun radio sendiri.

Sumber Informasi Utama

Seperti yang sudah sedikit kita bahas pada poin sebelumnya, radio pada kala itu menjadi sumber informasi terutama. Meski radio belum diproduksi secara massal untuk masyarakat Indonesia, namun dari radiolah berbagai informasi diturunkan dan diumumkan. Termasuk salah satu hal bersejarah terkait radio adalah pengumuman kekalahan Jepang pada Perang Dunia II.

Sehingga, tentunya kita tidak boleh menganggap remeh radio, atau bahkan sampai tidak menghargai keberadaannya. Dari teknologi bidang informasi sederhana inilah, perkembangan dunia informasi di Indonesia semakin baik. Meski demikian, pada masa itu radio juga sering kali digunakan untuk kepentingan propaganda yang meresahkan. Namun, dari sanalah berbagai informasi bisa didapatkan secara mudah dan gratis.

teknologi bidang informasi televisi

Kemunculan Televisi

Setelah radio diproduksi secara massal dan banyak masyarakat Indonesia yang memilikinya, maka perkembangan dunia informasi tidak berhenti sampai di situ saja. Hal ini dibuktikan dengan munculnya TV atau televisi pada 17 Agustus 162. Di mana stasiun TV pertama yang berdiri di Indonesia adalah TVRI atau Televisi Republik Indonesia. Pada masa itu siaran TV pertama Indonesia adalah peringatan hari kemerdekaan NKRI.

Pengambilan gambar langsung dari Istana Merdeka dan seluruh masyarakat yang memiliki TV dapat menyaksikannya. Akan tetapi, teknologi bidang informasi satu ini bisa dikatakan masih terbatas untuk masyarakat Indonesia. Jadi, tidak semua orang bisa menyaksikan siaran tersebut. Meski demikian, televisi pun mulai menggantikan radio yang hanya bisa mengeluarkan suara. Jelas kalah menarik dari TV yang dapat menampilkan gambar serta suara.

Peluncuran Satelit Palapa

Setelah kemunculan TV pada 1962, satu dekade setelahnya Indonesia meluncurkan Satelit Palapa untuk pertama kalinya. Pada saat itu RRI pun terus menyebarkan stasiun TV di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk di dalamnya ialah Yogyakarta, Makassar, Medan, dan beberapa lainnya untuk bisa menikmati siaran televisi.

Dari diluncurkannya Satelit Palapa ini, akhirnya masyarakat Indonesia bisa merasakan teknologi bidang informasi yang lebih baik lagi. Di mana siaran televisi menjadi semakin baik dan juga semakin bisa dinikmati oleh banyak masyarakat luas. Peluncuran Satelit Palapa juga menjadi salah satu prestasi besar yang dimiliki oleh bangsa kita.

Munculnya Stasiun TV Swasta

Sama seperti radio, televisi pun akhirnya mulai digunakan untuk kepentingan lain, baik propaganda atau penyebaran isu lainnya. Di sini pemerintah ikut andil dalam memonopoli stasiun TV negri untuk kepentingan pribadi. Sehingga stasiun televisi swasta mulai bermunculan, dan pertama kali ialah RCTI pada 1989. Setelahnya, barulah muncul stasiun TV swasta lainnya seperti SCTV, ANTV, Indosiar, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai kemunculan stasiun TV baru, maka teknologi bidang informasi juga semakin berkembang di Indonesia. Berbagai acara dan tayangan baru mulai dikembangkan untuk menghibur masyarakat negeri, berikut untuk menyampaikan berbagai informasi. Termasuk di dalamnya adalah siaran berita hingga penayangan acara hiburan.

teknologi bidang informasi internet

Kemunculan Internet

Setelah perjalanan panjang tersebut, maka pada tahun 1990-an internet mulai bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, menurut pencatatan yang ada, internet sendiri awalnya muncul pada tahun 1988 dan didaftarkan oleh Uinversitas Indonesia. Akan tetapi, pada masa itu intenet belum bisa digunakan semudah saat ini.

Barulah pada tahun 1994 sebuah perusahaan internet (ISP) pertaman di Indonesia bernama IndoNet. muncul. Penggunaan internet sendiri pada masa itu lebih banyak untuk pekerjaan menggunakan sistem mailing atau email. Barulah teknologi bidang informasi satu ini mulai digunakan oleh masyarakat luas untuk berbagai keperluan pada tahun 2000-an. Dari sanalah internet pun ikut berkembang sesuai kebutuhan para penggunanya.

Hingga seperti sekarang ini, kita menikmati internet untuk berbagai kepentingan. Baik itu untuk membantu pekerjaan, berkomunikasi, atau untuk mencari informasi-informasi lainnya. Jelas hal ini membawa pengaruh dan dampak yang positif bagi masyarakat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. Namun, seringkali alat komunikasi lainnya seperti radio atau juga televisi jadi lebih terabaikan. Padahal, kedua benda tersebut berperan cukup besar pada perkembangan informasi di Indonesia.

Itulah dia sejarah singkat dari perkembangan pada teknologi bidang informasi di Indonesia yang tidak boleh sampai terlupakan. Dengan adanya sejarah ini, maka kita masyarakat modern dapat menikmati kemudahan yang sudah ada.

Baca Juga  5 Pen Tablet Terbaik 2020, Praktis dan Nyaman Digunakan

Written by Teknois

Teknois merupakan situs Informasi terkini seputar teknologi terlengkap di indonesia, merangkum secara singkat dan padat agar mempermudah pembaca mengerti dan memahami.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Teknologi Revosioner

Inilah 4 Teknologi Revosioner Berbasis Teknologi Panel Surya Paling Terkenal

rekomendasi game battle royale

Rekomendasi Game Battle Royale Terbaik yang Ada di Android