in

Serba Serbi Teknologi Informasi

Beragam teknologi yang berkembang saat ini semakin menjurus pada spesifikasi di bidang tertentu. Masing-masing dari teknologi tersebut memiliki pengertian yang lebih mendalam sebagaimana kebutuhan teknologi dalam bidang yang dimaksud.

Secara teori, hal ini juga menciptakan beragam ilmu baru yang berguna sebagai dasar dari penemuan teknologi baru yang akan semakin memudahkan hidup manusia. Walau terkadang akan selalu ada dampak yang terjadi dari setiap penemuan baru yang dihasilkan. Baik itu dampak positif maupun dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Salah satu teknologi yang memiliki dampak besar bagi kehidupan manusia adalah teknologi informasi (TI). Secara umum, teknologi ini merupakan perencanaan, penerapan, pengembangan dan support system yang berbasis komputer. Lebih lanjut tentang teknologi ini akan dibahas berikut ini.

Fasilitas Pendukung

serba serbi teknologi informasi

Komputer sebagai sarana dan alat penyimpan data dan penyampaian informasi, disebut sebagai perangkat elektronik yang dapat melakukan manipulasi data dan informasi. Dalam sejarahnya komputer merupakan hasil dari teknologi yang telah ada selama berjuta-juta tahun yang lalu.

Itulah mengapa komputer disebut sebagai sebuah teknologi informasi yang paling mumpuni untuk menyimpan, memanipulasi data dan menyampaikan informasi tertentu. Fasilitas pendukung yang ada dalam komputer sring disebut aplikasi. Baik itu aplikasi hardware atau perangkat keras, maupun aplikasi software yang disebut juga perangkat lunak komputer.

Tujuan TI

Tentunya setiap teknologi yang tercipta memiliki tujuan tertentu. Begitupula dengan teknologi ini. Selain membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, teknologi ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam kaitannya segala aktivitas yang manusia lakukan setiap hari.

Fungsi dari TI

teknologi informasi terkini

Setidaknya ada 6 fungsi teknologi informasi yang digunakan manusia dalam memanfaatkan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja keenam fungsi tersebut? Pertama, fungsi menangkap, fungsi ini disebut juga penginput, di mana ia akan menerima masukan yang berasal dari perangkat keras.

Fungsi yang kedua dalam teknologi informasi adalah fungsi mengolah atau melakukan proses data. Data yang diterima inilah yang kemudian menjadi sumber informasi. Ada beberapa proses pengolahan yang bisa dilakukan, antara lain adalah menghitung, menganalisa dan melakukan konversi data.

Setelah melalui tahap pengolahan, maka fungsi yang ketiga berperan penting dalam memberikan hasil informasi. Nama fungsi yang ketiga adalah generating. Generating ini bisa diartikan sebagai manajemen informasi, di mana hasil dari informasi dikelola dan diubah ke dalam bentuk lain yang bisa lebih dipahami oleh orang lain.

Fungsi keempat dari teknologi informasi ini adalah melakukan penyimpanan. Penyimpanan yang dimaksud adalah merekam data yang didapat ke dalam sebuah media untuk digunakan dalam keperluan yang lain. Contohnya hard disk, tape, flash disk dan lain-lain.

Fungsi selanjutnya yaitu yang kelima adalah pencarian kembali. Fungsi ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang telah lama disimpan, sehingga dapat disalin atau digunakan kembali. Seperti saat Anda mencari data tentang keuangan yang pernah dibuat sebelumnya.

Fungsi terakhir dalam teknologi informasi adalah mengirimkan data atau informasi yang berasal dari satu lokasi ke lokasi lainnnya. Pengiriman data ini juga masih melalui jaringan komputer yang saat ini dikenal dengan internet.

Demikian teknologi informasi yang ada dalam perwujudannya berupa komputer, yang kemudian sekarang ini telah berkembang dalam bentuk yang lain seperti laptop, tablet, smartphone dan lain-lain. Semakin berkembangnya teknologi ini, maka semakin banyak yang merasakan betapa teknologi ini semakin canggih dan tidak bisa diprediksi inovasinya.

Baca Juga  Pertunjukan Berbasis Teknologi Augmented Reality

Written by Teknois

Teknois merupakan situs Informasi terkini seputar teknologi terlengkap di indonesia, merangkum secara singkat dan padat agar mempermudah pembaca mengerti dan memahami.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Cara Upload Instagram Via Web Anti Gagal

pengertian teknologi menurut ahli

Pengertian Teknologi Menurut Ahli Berikut Dengan Definisinya