Mengenal Perkembangan Teknologi Bidang Transportasi

0 507

Teknois – Apakah Anda salah seorang yang gemar berpergian? Tentunya di masa sekarang ini berpergian jarak dekat hingga jauh menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan setiap harinya. Bahkan, transportasi di era ini sudah semakin mudah dengan berbagainya alat transportasi pendukung.

Baik itu alat transportasi umum seperti bus, ojek, kereta, atau jenis lainnya hingga transportasi pribadi pun sudah tersedia dan bisa didapatkan dengan sangat mudah. Siapa saja sudah bisa menikmati dan merasakan secara langsung berbagai kemudahan ini karena adanya teknologi. Di mana dengan perkembangan zaman, teknologi pada bidang transportasi juga ikut berkembang.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa perkembangan tersebut termasuk cepat dan juga canggih.

Namun, perkembangan dan kemajuan pada teknologi bidang transportasi tentunya tidak luput dari proses yang panjang. Jika kita melakukan kilas balik, maka rasa-rasanya berpergian dengan alat transportasi yang ada pada masa itu, menjadi sesuatu yang merepotkan. Contohnya saja seperti kereta kuda yang memerlukan kusir ahli dengan kuda yang juga haruslah mendukung.

Tentunya hal demikian sangat merepotkan siapa saja yang hendak berpergian, terutama jarak jauh.

Maka dari itulah, untuk menghemat waktu dan juga tenaga, maka pengembangan teknologi semakin digencarkan, khususnya dalam bidang transportasi. Tentunya kita sebagai pengguna transportasi sebaiknya tahu perkembangannya dengan baik. Sehingga, kita dapat lebih bijak dalam menggunakan alat transportasi ke depannya. Berikut ini akan kita bahas!

Perkembangan teknologi bidang transportasi

teknologi bidang transportasi

Kali ini kita akan membahas berbagai perkembangan teknologi pada bidang transportasi dari masa ke masa. Tentunya sangat menarik untuk diketahui, karena tanpa adanya perkembangan teknologi bidang transportasi pada masa lampau, maka kita tidak bisa merasakan kemudahan seperti sekarang ini.

Transportasi Darat

alat transportasi darat
Perkembangan pada bidang transportasi sendiri dibagi menjadi 3 yakni darat, laut, dan juga udara. Akan tetapi, transportasi darat adalah yang paling banyak digunakan dengan perkembangan yang cukup siginfikan. Di mana pada masa lampau, manusia menjinakkan berbagai hewan dengan kemampuan atau otot untuk digunakan sebagai alat transportasi. Dengan penggunaan hewan ini, maka manusia dapat berpergian atau berpindah tempat secara mudah.

Jika dibandingkan dengan berjalan kaki, tentu saja mengendarai hewan bisa mengurangi tenaga yang dikeluarkan. Hewan yang dahulu biasa digunakan adalah kuda, unta, gajah, dan beberapa lainnya. Kemudian, setelah mengendari hewan secara langsung, manusia pun menciptakan teknologi bidang transportasi yakni kendaraan yang dapat ditarik oleh hewan-hewan tersebut. Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, kendaraan ini seperti kereta kuda atau delman, dan jenis lainnya.

Baca Juga  Tak Kenal Maka Tak Sayang, Yuk Kenali Bagian – bagian Laptop

Setelah pengunaan hewan sebagai tenaga untuk menarik alat transportasi, maka dikembangkanlah mesin sebagai penggantinya. Di mana setelah terjadinya revolusi industri, berbagai mesin digunakan untuk pengembangan banyak hal, termasuk di dalamnya adalah bidang transportasi. Bahkan, pada tahun 1886 seorang teknisi asal Jerman bernama Karl Benz menjadi penemu mobil modern pertama. Lalu, setelah puluhan tahun setelahnya mobil berkembang dalam berbagai bentuk dan juga jenisnya.

Tidak hanya mobil, pada abad ke-19 awal kereta juga diciptakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi masyarakat dalam jumlah banyak. Dengan adanya kereta ini, maka penumpang yang bisa diangkut menjadi lebih banyak, serta tentu menjadi semakin praktis dan efisien. Teknologi bidang transportasi untuk kereta sendiri pun ikut berkembang pesat dengan penggunaan listrik dan juga persinyalan modern.

Transportasi Laut

alat transportasi laut
Perkembangan teknologi pada bidang transportasi tidak hanya untuk jenis darat saja, tetapi juga laut dan udara. Akan tetapi, pembahasan selanjutnya adalah transportasi laut yang memiliki peranan penting bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan sangat mengandalkan transportasi laut untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya.

Maritim Indonesia sendiri sejak dahulu memang sudah terkenal, jadi sangat wajar jika transportasi laut memiliki peran penting terhadap perkembangan transportasi di Indonesia. Namun, sebelum adanya teknologi bidang transportasi yang berkembang seperti saat ini. Jika ingin berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya, masyarakat hanya bisa mengandalkan kapal kayu sederhana. Tentunya kuantitas penumpang pun sangat terbatas, berikut jarak tempuhnya.

Karena semakin besar permintaan alat transportasi antar pulau di seluruh dunia, maka perahu sederhana tersebut dikembangkan kembali. Penambahan mesin pada kapal membuat kita tidak perlu lagi mendayung hingga kelelahan. Bahkan, perkembangan teknologi pada bidang ini membuat banyak orang bisa berpergian secara lebih mudah dan cepat lewat jalur laut. Tidak hanya itu saja, jalur laut juga banyak dipilih karena lebih murah daripada jalur udara.

Teknologi bidang transportasi laut sendiri tidak hanya digunakan untuk mengangkut penumpang, tetapi juga barang. Dengan adanya berbagai jenis kapal saat ini, maka mengangkut dan mengirimkan barang jadi lebih cepat dibandingkan lewat jalur darat. Sehingga, tentunya kita sangat terbantu akan berbagai teknologi yang dikembangkan seperti sekarang ini.

Baca Juga  Beberapa Pemanfaatan Teknologi Otomatisasi Industri

Transportasi Udara

alat transportasi udara
Bagi Anda yang mungkin senang berpergian dalam jarak jauh, tentu transportasi jalur udara sering kali menjadi pilihan pertama. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, tetapi karena kemudahan dan juga kecepatan yang bisa didapatkan. Dengan menggunakan transportasi udara, maka Anda bisa terbang ke mana saja dengan waktu tempuh yang jauh lebih minim dibanding lewat jalur darat atau juga laut.

Akan tetapi, transportasi udara seperti pesawat yang kita kenal sekarang ini tentunya tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjangnya. Di mana pada 1903 Wright bersaudara yakin bahwa manusia bisa terbang dengan memanfaatkan berbagai teknologi bidang transportasi tertentu. Dari sanalah teknologi penerbangan muncul dan dikembangkan lebih jauh hingga kita mengenal pesawat seperti hari ini.

Bahkan, sekarang semua orang bisa terbang dengan mudahnya menggunakan alat transportasi satu ini. Meski menjadi transportasi yang baru dan paling modern, tetapi pesawat sudah mencuri perhatian banyak orang sejak kemunculannya pertama kali. Di Indonesia sendiri, jika membahas transportasi udara atau pesawat, tentunya tidak bisa terlepas dari seorang BJ Habibie.

Di mana Indonesia sendiri pernah memiliki PT Dirgantara Indonesia yang merupakan industri pesawat terbang yang berdiri sejak 1976. Hingga saat ini sendiri, perkembangan teknologi bidang transportasi untuk udara masih terus dikembangkan. Apalagi, banyak orang yang memilih pesawat sebagai alat transportasi karena lebih cepat dan juga minim akan kendala. Meski demikian, harga yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan transportasi ini tentunya sangat sebanding.

Perkembangan dunia transportasi tentu tidak akan pernah ada habisnya, apalagi dengan adanya berbagai penemuan baru yang mendukung. Meski demikian, kita sebagai masyarakat juga tentu harus selalu bijak dalam menggunakan kendaraan atau transportasi yang sudah ada. Apalagi, sejarah pada bidang transportasi bisa dikatakan sangat panjang prosesnya.

Jadi, kita sebagai masyarakat modern tentunya merasa sangat bersyukur dengan berbagai kemudahan yang ada dari teknologi bidang transportasi ini. Demikianlah sudah kita sudah mengenal lebih banyak perkembangan teknologi yang ada pada dunia transportasi. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.