Teknologi Jepang Yang Mendunia

0 270

Siapa yang tidak mengenal Negara yang satu ini ? Ya memang Negara Asia ini mempunyai beragam teknologi dan juga termasuk ke dalam salah satu Negara maju di dunia.

Negara ini mengalahkan beberapa Negara besar Asia lainnya seperti India dan juga China dalam hal teknologi. Akan tetapi, China sekarang juga seakan tidak mau kalah, China pun mengikuti langkah Negara tetangganya untuk mengembangkan teknologi.

Akan tetapi, meskipun begitu, Jepang juga masih terus mengembangkan teknologi dan inovasinya untuk negaranya sendiri. Walaupun mungkin Anda sudah jarang melihat barang buatan Jepang.

Namun bukan berarti Jepang berhenti menginovasi teknologinya. Jepang sekarang ini lebih fokus untuk mengembangkan negaranya sendiri dibandingkan harus menjual barang-barang temuannya ke luar negeri.

Tentu saja, Anda bisa mengambil suatu hikmah dan juga sesuatu yang hebat dari Jepang yaitu walaupun Jepang miskin akan sumber daya alam, lantas hal tersebut tidak membuat Jepang menjadi Negara miskin dan terbelakang.

Bahkan Jepang sekarang menjadi kiblat teknologi Negara-negara di dunia. Semua hal baru atau teknologi dunia yang baru sebenarnya dibuat di Jepang, akan tetapi negara-negara barat lah yang mengembangkannya.

Apa saja teknologi Jepang yang sudah mendunia? Berikut penjelasannya.

teknologi milik jepang

5 Teknologi Jepang Mendunia

  1. Kereta Cepat
  2. Walkman
  3. Toilet
  4. Sikat gigi berkepala lebar
  5. Antena TV

Dari kelima benda diatas, pastinya Anda mengenal setidaknya salah satu dari kelima benda diatas. Karena mungkin hampir ke semua benda diatas pernah Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Antena TV mungkin menjadi barang yang sering Anda jumpai. Karena hampir semua orang di Indonesia menggunakan antena TV ini. Baik oleh orang-orang perkotaan atau pedesaan.

Akan tetapi seiring berkembangnya waktu, antena TV sudah jarang digunakan, karena orang-orang beralih ke TV Digital yang dimana TV tersebut tidak memerlukan antena sebagai alat penangkap sinyal.

Baca Juga  Beberapa Pemanfaatan Teknologi Otomatisasi Industri

Lalu teknologi Jepang lain yang juga terkenal adalah kereta cepat. Anda mungkin tahu bahwa Jepang lah yang pertama kali menemukan kereta cepat sebelum negara-negara barat menggunakannya.

Tepatnya Jepang menemukan teknologi ini pada tahun 1964 yang dimana pada saat itu negara-negara barat sedang berlomba-lomba menciptakan pesawat sedangkan Jepang malah menciptakan kereta.

Tentu saja hal ini menjadi sebuah pemberitaan hangat di Jepang sendiri, karena dianggap membuang-buang uang untuk proyek yang nantinya tidak strategis dan juga tidak berguna kedepannya.

teknologi japan

Namun justru sebaliknya, kereta ini mampu menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi orang yang berkunjung ke Jepang. Dan inilah yang membuat negara-negara barat juga mengikuti langkah Jepang untuk membuat kereta cepat.

Lalu ada walkman benda ini memang menjadi favorit pada era tahun 1990-an. Benda ini menjadi alat untuk mendengarkan musik secara pribadi, mungkin lebih mirip dengan headset di zaman sekarang.

Dan bahkan pada masa kejayaannya, walkman ini telah terjual lebih dari 20 juta unit di seluruh dunia. Benar-benar sesuatu yang sangat membanggakan bagi Jepang. Akan tetapi benda ini sudah tidak laku lagi sekarang.

Karena sudah banyak benda yang lebih beragam dan juga sudah ada smartphone yang menggantikan walkman. Bahkan smartphone ini melebih walkman, karena dalam smartphone Anda tidak hanya bisa mendengarkan musik.

Anda bisa menyimpan berbagai data, bekerja dan belajar hanya melalui smartphone tersebut. Tentu hal ini lebih berguna dibandingkan walkman.
Nah mungkin itu saja sedikit ulasan tentang teknologi Jepang semoga bermanfaat dan juga dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.