in

Beberapa Pemanfaatan Teknologi Otomatisasi Industri

Teknologi merupakan sarana atau metode dimana ia dibutuhkan bagi kelangsungan hidup, kenyamanan, serta peningkatan kualitas hidupnya. Berbagai bidang industri kini berlomba menghadirkan teknologi terbaru guna mencapai efisiensi dan efektifitas produksi agar dapat menekan biaya produksi dan mendapatkan keuntungan lebih besar. Bicara mengenai industri makan tidak lepas dari untung rugi.

Karena industri akan bertahan dan bertumbuh jika meraup keuntungan namun ia tidak akan bertahan apabila merugi melulu. Berbagai industri baik barang mentah, barang setengah jadi, maupun industri barang jadi kini sedang beranjak untuk menggunakan tenaga manusia seminim mungkin. Oleh karena itu teknologi adalah jawaban yang paling tepat agar tujuan para pelaku industri dapat terwujud. Orang selalu mencari cara agar apa yang dilakukannya dapat diselesaikan dengan cara yang lebih mudah.

Disini akan kami ulas beberapa industri yang sedang giat-giatnya menggunakan teknologi terbaru demi kemajuan industrinya. Ulasan ini dimaksudkan agar dapat memberikan Anda inspirasi baru dalam membaca peluang usaha yang dapat Anda laksanakan. Teknologi otomatisasi industri akan sangat menguntungkan pelaku industri karena dapat menekan biaya produksi dengan harga jual yang tentunya lebih bersaing. Beberapa industri yang dapat menggunakan sistem otomatisasi antara lain:

Teknologi otomatisasi

Industri Perikanan

Industri perikanan saja dapat dibagi menjadi setidaknya tiga bagian yakni ikan air tawar, ikan air laut, dan ikan hias. Penggunaan teknologi pada sub-sub industri tersebut sedikit berbeda satu dan lainnya. Mari kita mulai dengan ikan hias, jual beli ikan hias tak pernah surut sejak dahulu hingga sekarang. Terlebih lagi kini banyak sekali variasi hiasan pada akuarium yang dibuat sangat menarik dan tampak hidup sekali. Para penggemar ikan hias seperti dapat membangun surga bawah laut dirumahnya sendiri.

Umumnya teknologi dalam akuarium ikan hias digunakan untuk memutar aliran air, namun biasanya kurang dioptimalkan sebab dalam beberapa kurun waktu air yang diputar akan keruh. Air yang keruh jelas bukan habitat yang sehat bagi ikan hias. Belum lagi kerepotan dalam memberi makan ikan-ikan hias di dalam akuarium terutama bagi Anda pribadi yang sibuk. Teknologi otomatisasi industri dapat diterapkan untuk otomatisasi umpan serta otomatisasi proses penjernihan air.

Pemberian umpan secara otomatis dapat dilakukan dan tentu akan sangat memudahkan bagi Anda yang tidak dapat setiap saat berada di dekat akuarium tersebut. Dengan adanya teknologi tersebut maka ikan-ikan pun akan tetap hidup dan sehat. Otomatisasi dalam proses penjernihan air dapat dilakukan melalui bantuan teknologi mesin penjernih air tentunya. Hal itu membuat Anda tidak perlu lagi membersihkan air akuarium karena keruh sebab air akuarium Anda selalu jernih.

Untuk penerapan teknologi otomatisasi industri baik pada ikan laut maupun ikan tawar hampir serupa sebab perawatannya relatif sama. Ikan membutuhkan suhu yang tepat agar tumbuh optimal, maka teknologi yang dibutuhkan adalah teknologi pengukuran suhu serta teknologi penghangat air jika ternyata air tersebut terlalu dingin. Air yang dingin pada kolam ikan akan membuat ikan harus bekerja keras untuk menghangatkan diri akibatnya semua nutrisi tubuhnya digunakan untuk menghangatkan tubuh bukan untuk tumbuh.

Selain itu penggunaan teknologi untuk menghitung rasio kebutuhan pangan serta jumlah ikan dalam satu kolam hingga mendapatkan hasil yang optimal. Teknologi untuk penangkaran benih ikan juga sangat diperlukan untuk menjaga regenerasi benih unggulan untuk konsumen. Terlebih lagi apabila dapat mengolah bahan yang telah terbuang atau bahan sampah dengan mesin tertentu hingga dapat menghasilkan pakan untuk ikan, tentu cemerlang sekali.

Industri Peternakan

Teknologi otomatisasi industri selanjutnya adalah industri yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia sebab mayoritas manusia mengkonsumsi daging. Daging-daging yang beredar di pasaran dihasilkan oleh peternak-peternak terbaik yang menyajikan produk terbaiknya kepada konsumen. Beberapa peternakan yang lazim diindustrikan adalah peternakan ayam, kelinci, sapi, kambing, babi, dan lain sebagainya.

Teknologi otomatisasi industri

Dari sekian banyak jenis peternakan yang ada mari kita kulik lebih dalam salah satunya, misalnya kita ambil saja peternakan ayam. Teknologi yang cocok untuk usaha peternakan ayam antara lain teknologi penghangat suhu agar ayam tidak mati karena terlalu dingin. Teknologi pemberian makan dan minum secara otomatis menggunakan mesin sehingga akan memudahkan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Industri Pertanian

Pertanian merupakan industri yang sangat membutuhkan sentuhan teknologi lebih urgent dibandingkan dengan jenis industri lainnya. Sebab konsumsi manusia dari industri pertanian serapannya sangat tinggi. Tidak lain karena pertanian merupakan industri vital yang merupakan kebutuhan paling penting dalam kehidupan manusia. Insudtri bahan pangan mentah sangat amat dibutuhkan dimanapun Anda tinggal. Teknologi otomatisasi industri pertanian perlu dikembangkan lebih luas lagi agar dapat optimal hasilnya.

Penggunaan teknologi dalam upaya peningkatan hasil panen tidak boleh mengubah kualitas yang ada sebelumnya. Untuk terapan teknologinya dapat beragam, baik dari sisi benih atau tanamannya dapat pula dari sisi media atau tanahnya atau tata cara merawatnya. Misalnya saja untuk media tanam, tanaman-tanaman tertentu selain dapat ditanam pada media tanah juga dapat ditanam pada media air. Bahkan tak hanya itu, teknologi pertanian sudah mencapai titik dimana petani dapat menanam pada media angin atau yang disebut aeroponic.

Dengan menggunakan teknologi otomatisasi industri yang mengandalkan kelembaban angin sebagai media hidupnya maka memungkinkan Anda untuk menanam lebih banyak meskipun luas lahannya sama. Sebab Anda bisa menanam secara vertikal dimana tanaman yang Anda tanam dapat diperluas lahannya hanya dengan meninggikan rak dalam media tersebut. Sistem yang dibangun dalam aeroponic merupakan sistem otomatisasi sehingga sangat hemat tenaga manusia.

Selain itu metode tanam demikian dapat pula diatur bagaimana tanaman yang dirawat dapat terjaga kelembabannya namun tetap mendapatkan proses panas untuk proses fotosintesis. Tanpa harus terkena matahari langsung tanaman Anda tetap dapat berfotosintesis sebab peran matahari sudah diganti dengan lampu dengan panjang gelombang sama persis dengan panjang gelombang matahari yang dibutuhkan oleh tanaman.

Teknologi otomatisasi industri terkini

Industri Jasa Pengiriman

Merebaknya dunia e-commerce membuat bisnis turunan lainnya seperti bisnis jasa antar paket barang juga berkembang. Orang yang belanja dari smartphone dan tinggal bayar secara online kemudian tinggal menunggunya di rumah hingga barang yang dipesannya sampai. Nah untuk sampai ke lokasi tujuan yang tertera maka e-commerce butuh mitra bisnis yakni jasa antar paket barang. Teknologi otomatisasi industri sudah sangat urgent kebutuhannya sebenarnya sebab kecepatan proses serta keamanan barang menjadi prioritas yang harus dijaga dengan baik.

Dengan menggunakan teknologi yang mutakhir maka diharapkan proses penyortiran, penimbangan, penamanaan, barang dan sebagainya sudah dilakukan bersama mesin. Dengan begitu akan sangat menghemat biaya untuk membayar pekerja selain itu jumlah yang dikerjakan lebih banyak daripada dengan tenaga manusia. Proses sortiran juga menjadi sangat cepat serta lebih akurat karena menggunakan program yang sudah ada.

Demikian ulasan mengenai teknologi otomatisasi industri yang barangkali bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda. Semoga penjelasan admin diatas dapat menambah wawasan kalian khususnya pada dunia teknologi di indonesia ini. Terimakasih!

Baca Juga  Tips Mengatasi Kursor Mouse yang Hilang di Windows

Written by Teknois

Teknois merupakan situs Informasi terkini seputar teknologi terlengkap di indonesia, merangkum secara singkat dan padat agar mempermudah pembaca mengerti dan memahami.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Teknologi Ramah Lingkungan

Inilah Jenis Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Manfaatnya

Teknologi Revosioner

Inilah 4 Teknologi Revosioner Berbasis Teknologi Panel Surya Paling Terkenal