in

Inilah Jenis Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Manfaatnya

Pemanasan global sedang terjadi di berbagai dunia dikarenakan terjadi banyaknya polusi udara. Selain itu, pencemaran lingkungan yang terjadi di berbagai kota besar membuat lingkungan menjadi tidak sehat dan tidak terjaga kebersihannya.

Banyak manusia yang kesehatannya terganggu, terutama mereka yang hidup di perkotaan atau di pinggiran dengan lingkungan yang tercemar dan tidak baik. Hal ini membuat para ilmuan mengembangkan berbagai teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi setiap dampak pemanasan global serta polusi udara, sehingga mampu mengembalikan lingkungan sehat seperti sebelumnya. Ada banyak sekali jenis teknologi yang berhasil diciptakan, diantaranya sebagai berikut.

Jenis-Jenis Teknologi Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Ketahui

Teknologi Ramah untuk Lingkungan

Diketahui sudah banyak sekali teknologi terbarukan yang memiliki dampak baik bagi lingkungan. Penerapan dari teknologi tersebut tentunya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk menciptakan kehidupan serta lingkungan yang sehat, aman, sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Berikut ini merupakan daftar dari jenis-jenis teknologi berbasis ramah lingkungan yang bisa Anda ketahui, yaitu seperti di bawah ini.

Kincir Angin

Bagi Anda yang sudah melihat atau mengunjungi negara Belanda, pasti Anda akan melihat banyak sekali kincir angin raksasa yang berputar. Kincir tersebut tidak semata-mata untuk hiasan saja, melainkan untuk mengambil energi angin yang kemudian disalurkan menjadi sebuah energi listrik untuk menompang berbagai kebutuhan sehar-hari.

Teknologi ramah lingkungan ini bisa mengurangi penggunaan listrik dengan menggunakan bakar serta mengurangi dampak polusi udara. Bahkan, lingkungan yang ada di negara tersebut begitu bersih dan tidak tercemari oleh berbagai hal yang mampu merusaknya. Jadi, teknologi kincir angin bisa menjadi sebuah ide solusi menarik untuk mengembangkan angin menjadi listrik tanpa merusak lingkungan sekitar.

Rooftop Garden

Trend taman di atas rumah atau rooftop garden tengah populer karena bisa membuat rumah tersebut tampak cantik dan berbeda dengan yang lainnya. Padahal, fungsi sebenarnya dari taman di atap ini adalah untuk mengurangi dampak pemanasan global, sehingga mengurangi panas berlebihan untuk masuk ke dalam rumah.

Teknologi ramah lingkungan ini sudah dilakukan oleh sejumlah gedung raksasa serta rumah yang berada di perkotaan. Mereka menyadari bahwa tanaman yang biasanya ditanam pada halaman rumah terrnyata bisa dirawat dan ditanam di atas atap rumah yang memiliki halaman atau rooftop. Rumah yang memiliki konsep ini akan selalu terlihat segar, sejuk dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal walaupun ada di wilayah pusat perkotaan.

biogas ramah lingkungan

Teknologi Biogas

Sudah banyak yang mengetahui bahwa kotoran hewan bisa dijadikan sebagai biogas untuk dijadikan energi dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Ternyata, bukan hanya kotoran hewan saja yang bisa digunakan, tetapi kotoran manusia serta limbah domestik bisa juga dijadikan sebagai biogas dan dimanfaatkan untuk sumber energi.

Alasan kotoran tersebut dapat digunakan untuk biogas dikarenakan dalam kotoran terdapat karbondioksida serta metana yang menjadi bahan bakar bagi kendaraan, sumber energi listrik, dan masih banyak lagi. Kini, teknologi biogas bisa dengan mudah digunakan sebagai teknologi ramah lingkungan yang aman serta solusi cerdas untuk pengurangan limbah.

Panel Surya

Teknologi ini sudah banyak digunakan dan mengalami inovasi untuk berbagai teknologi terbarukan. Panel surya mengambil efek photovoltaic yang mana bersumber dari energi matahari, kemudian disalurkan ke dalam energi listrik untuk digunakan dalam kehidupan manusia.

Teknologi ramah lingkungan ini biasanya terdapat pada gedung-gedung besar untuk mengurangi dampak pemanasan global serta membuat lingkungan tidak tercemar oleh operasional dari gedung itu sendiri. penggunaan panel surya bisa membuat Anda menjadi lebih hemat energi serta tidak perlu menggunakan bahan bakar lain dalam penggunaan listrik.

Teknologi Mobil Listrik

Mobil listrik merupakan inovasi teknologi yang dilatarbelakangi dari ketersediaan bahan bakar yang kian hari semakin menipis. Teknologi ini bisa membuat Anda mampu mengemudikan mobil tanpa penggunaan bahan bakar minyak bumi, melainkan menggunakan teknologi tenaga surya yang diubah menjadi listrik untuk mengisi daya mobil itu sendiri.

Tentu saja mobil listrik tidak berbahaya bagi lingkungan karena diciptakan dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan. Walaupun keberadaannya tidak sebanyak mobil pada umumnya, tetapi Anda bisa mendapatkan mobil ini setiap tahun dengan perawatan yang lebih mudah. Kini, permintaan mobil listrik semakin meningkat dan diharapkan bisa memberikan perubahan yang baik, khususnya pada lingkungan.

Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan untuk Semua Aspek

Manfaat Teknologi Ramah Lingkungan

Memberikan Efek Baik Bagi Lingkungan

Adanya inovasi penciptaan teknologi berbasis ramah lingkungan ternyata bisa memberikan efek baik bagi lingkungan sekitar. selain mengurangi dampak pemanasan global serta polusi udara, teknologi ini bisa menjadikan lingkungan tetap baik tanpa tercemari oleh berbagai hal yang dapat merusaknya.
Lebih Hemat dan Mudah dalam Perawatan

Teknologi ramah lingkungan terkenal sebagai teknologi yang mampu mengembalikan kesehatan lingkungan seperti sediakala. Bukan hanya itu, berbagai inovasi dari teknologi ini bisa dirawat dengan mudah dan lebih hemat dalam hal perawatannya itu sendiri. jadi, banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya sehingga berlomba-lomba untuk bisa menggunakannya juga.

Mampu Menghemat Sumber Daya Alam

Selain ramah lingkungan, teknologi ini tidak menggunakan sumber daya alam dalam proses operasionalnya. Biasanya, teknologi tersebut menggunakan matahari, angin dan biogas agar bisa berjalan dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya. Sehingga, sumber daya alam tetap terjaga dan tidak membuatnya cepat habis.

Dapat Menghemat Waktu

Salah satu dasar dari pembuatan teknologi ramah lingkungan adalah untuk melakukan penghematan waktu, sehingga tidak bersifat menunda-nunda dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk digunakan di waktu sibuk, sehingga pekerjaan bisa selesai lebih cepat dari biasanya.
Mengurangi Jumlah Limbah

Limbah merupakan suatu hal yang sampai saat ini belum bisa diatasi dan dihindarkan dengan lebih baik. Banyak pabrik-pabrik besar yang terus mengeluarkan limbah hingga menjadikan lingkungan sekitarnya menjadi tercemar dan tidak sehat. Di sisi lain, pabrik sendiri belum menemukan cara yang jitu untuk menghilangkan limbah yang dikeluarkannya itu.

Namun, adanya teknologi ramah lingkungan bisa mengurangi jumlah limbah yang ada dengan menciptakan berbagai inovasi terkait limbah itu sendiri. permasalahan lingkungan bisa sedikit diatasi, tetapi tidak menutup kemungkinan limbah tersebut akan menjadi hilang.

Meskipun begitu, teknologi ini bisa menjadikan sebuah lingkungan lebih besar dan kembali hijau, dibandingkan sebelumnya. Bukan hanya terus mengembangkan teknologi ini saja, para manusia yang tinggal di berbagai tempat juga harus bisa menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungannya masing-masing agar bisa merasakan kehidupan di lingkungan yang sejuk serta nyaman.

Itulah beberapa penjelasan terkait jenis teknologi ramah lingkungan serta manfaatnya yang bisa dirasakan oleh semua manusia di dunia. setiap tahun, selalu hadir berbagai teknologi terbaru yang mampu membantu mengurangi efek atau dampak pemanasan global, khususnya di kota-kota besar yang ada di seluruh dunia.

Baca Juga  Inilah 4 Teknologi Revosioner Berbasis Teknologi Panel Surya Paling Terkenal

Written by Teknois

Teknois merupakan situs Informasi terkini seputar teknologi terlengkap di indonesia, merangkum secara singkat dan padat agar mempermudah pembaca mengerti dan memahami.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
teknologi canggih bidang pendidikan

Perkembangan dan Peran Kemajuan Teknologi Dalam Sektor Pendidikan

Tekno otomatisasi industri

Beberapa Pemanfaatan Teknologi Otomatisasi Industri